Kepala bernomor struktur merupakan model pembelajaran hasil modifikasi dari Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran ini masih menggunakan nomor di kepala sebagai identitas utamanya. Bedanya adalah nomor-nomor di kepala pada model ini dibuat secara berulang dan berurutan. Misalnya dalam satu kelas terdapat lima kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari lima orang. Maka nomor-nomornya adalah 1-5 untuk setiap kelompok.
Ciri
lainnya dari model pembelajaran ini adalah setiap nomor yang sama memiliki
tugas-tugas yang berbeda. Misalnya nomor satu bertugas mencatat, nomor dua dan
tiga bertugas berdiskusi, dan nomor empat dan lima bertugas membawakan
presentasi. Pembagian tugas ini berlaku sama untuk semua kelompok.
Model
pembelajaran ini cocok digunakan untuk materi pembelajaran yang memiliki banyak
kompetensi dan materi. Berikut ini langkah-langkah dalam model pembelajaran
kepala bernomor struktur :
Langkah-langkah
:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor
2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan
nomor terhadap tugas yang berangkai
a.
Misalnya : siswa
nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa
nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
3. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar
kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa
siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas
yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
4. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
5. Kesimpulan
Berikut
contoh penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur di rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) :
A. STANDAR
KOMPETENSI
15.
Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar
novel (asli atau terjemahan)
No.
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
KEGIATAN AWAL
Ø
Guru
memberikan motivasi kepada siswa.
Ø
Siswa
menyampaikan kesan dari motivasi yang di sampaikan.
Ø
Guru
bersama siswa membentuk kelompok belajar.
Ø
Guru
membagikan topi bernomor yang harus digunakan oleh semua anggota kelompok.
|
10 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari yaitu Pengertian alur,
pelaku, dan latar novel dan cara menjelaskan
alur cerita, pelaku, dan latar novel
·
Guru
membagikan lembaran-lembaran cuplikan novel untuk dibaca oleh siswa.
·
Siswa
dengan nomor urut 1 dan 2 bertugas membaca cuplikan novel dan menganalisis
alur, pelaku, dan latarnya.
·
Siswa
nomor 3 dan 4 bertugas mencatat hasil analisis dari siswa nomor 1 dan 2.
·
Siswa
nomor 5, 6, dan 7 bertugas membaca dan menyampaikan catatan hasil analisis
siswa nomor 3 dan 4.
·
Guru
memanggil siswa nomor 5, 6, dan 7 dari masing-masing-masing kelompok untuk
menyampaikan hasil analisis kelompoknya di depan kelas.
Elaborasi
·
Siswa
atau kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan siswa yang presentasi di
depan kelas.
Konfirmasi
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
·
Meluruskan hal-hal menyimpang yang disampaikan
siswa.
|
60 menit
|
3.
|
KEGIATAN AKHIR
·
Guru
memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang diberikan
·
Guru
memberikan postes
·
Guru
menutup pembelajaran dengan mengucap salam
.
|
10 menit
|
Download RPP lengkapnya di sini!
bs mnt tlg share daftar pustakanya?
ReplyDelete