Monday 7 December 2015

Model Pembelajaran : Kepala Bernomor Struktur


Kepala bernomor struktur merupakan model pembelajaran hasil modifikasi dari Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran ini masih menggunakan nomor di kepala sebagai identitas utamanya. Bedanya adalah nomor-nomor di kepala pada model ini dibuat secara berulang dan berurutan. Misalnya dalam satu kelas terdapat lima kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari lima orang. Maka nomor-nomornya adalah 1-5 untuk setiap kelompok.

Ciri lainnya dari model pembelajaran ini adalah setiap nomor yang sama memiliki tugas-tugas yang berbeda. Misalnya nomor satu bertugas mencatat, nomor dua dan tiga bertugas berdiskusi, dan nomor empat dan lima bertugas membawakan presentasi. Pembagian tugas ini berlaku sama untuk semua kelompok.

Model pembelajaran ini cocok digunakan untuk materi pembelajaran yang memiliki banyak kompetensi dan materi. Berikut ini langkah-langkah dalam model pembelajaran kepala bernomor struktur :

Langkah-langkah :
1.      Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.      Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
a.       Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
3.      Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
4.      Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
5.      Kesimpulan

Berikut contoh penerapan model pembelajaran kepala bernomor struktur di rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) :

A.    STANDAR KOMPETENSI                 
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi

B.     KOMPETENSI DASAR                      
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau terjemahan)


No.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
1.
KEGIATAN AWAL
Ø  Guru memberikan motivasi kepada siswa.
Ø  Siswa menyampaikan kesan dari motivasi yang di sampaikan.
Ø  Guru bersama siswa membentuk kelompok belajar.
Ø  Guru membagikan topi bernomor yang harus digunakan oleh semua anggota kelompok.
10 menit
2.
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari yaitu Pengertian alur, pelaku, dan latar novel dan cara  menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel
·         Guru membagikan lembaran-lembaran cuplikan novel untuk dibaca oleh siswa.
·         Siswa dengan nomor urut 1 dan 2 bertugas membaca cuplikan novel dan menganalisis alur, pelaku, dan latarnya.
·         Siswa nomor 3 dan 4 bertugas mencatat hasil analisis dari siswa nomor 1 dan 2.  
·         Siswa nomor 5, 6, dan 7 bertugas membaca dan menyampaikan catatan hasil analisis siswa nomor 3 dan 4.
·         Guru memanggil siswa nomor 5, 6, dan 7 dari masing-masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil analisis kelompoknya di depan kelas.

Elaborasi
·         Siswa atau kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan siswa yang presentasi di depan kelas.

Konfirmasi
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·         Meluruskan hal-hal menyimpang yang disampaikan siswa.
60 menit
3.
KEGIATAN AKHIR
·         Guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang diberikan
·         Guru memberikan postes
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam
.
10 menit

Download RPP lengkapnya di sini!

Share this

1 Response to "Model Pembelajaran : Kepala Bernomor Struktur"