Monday 30 November 2015

Model Pembelajaran : Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)


Numbered Heads Together (NHT) atau Kepala Bernomor adalah sebuah model pembelajaran yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Spencer Kagan tahun 1992. Dalam model pembelajaran ini siswa diberikan nomor di kepala dengan urutan sesuai jumlah siswa di dalam kelas. Bila siswa di kelas terdapat tiga puluh orang maka nomor yang dipakai siswa antara nomor satu sampai tiga puluh. Model ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran yang menitikberatkan pada pemahaman atau hafalan. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa menjadi aktif dalam pembelajaran.

Untuk menggunakan model ini diperlukan sebuah nomor-nomor yang bisa dipakai di kepala. Bila tidak mau repot. Gunakan saja topi ulang tahun yang terbuat dari kertas itu lalu tuliskan nomor-nomor di topi tersebut sesuai dengan jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran. Langkah-langkah dalam model pembelajaran ini yaitu sebagai berikut :

1.       Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.       Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.       Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.       Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5.       Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6.       Kesimpulan


Langkah-langkah di atas bisa dimasukan ke dalam RPP dengan beberapa penyesuaian. Bila ada pertanyaan atau saran perbaikan silakan berkomentar.

Share this

0 Comment to "Model Pembelajaran : Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)"

Post a Comment