Thursday 12 November 2015

Menulis Berita dengan Lima Langkah Mudah


Di era digital seperti sekarang mudah sekali untuk menemukan teks berita. Tidak perlu lagi koran atau majalah, kini berita-berita dengan berbagai macam tema dapat diakses secara online. Membuat teks berita pada dasarnya sangat mudah. Untuk membuat teks berita sederhana setidaknya diperlukan lima langkah mudah. Berikut langkah-langkah membuat berita secara sederhana dan ditujukan bagi pemula.

1.      Membuat paragraf pembuka
Paragraf pembuka merupakan teras berita yang berisi materi yang paling penting. Buatlah paragraf pertama ini dengan 2-3 kalimat yang memuat unsur APA kejadiannya, DI MANA kejadiannya, SIAPA yang terlibat dalam kejadian tersebut dan KAPAN kejadiannya.

Contoh :
Demi meningkatkan ragam keterampilan masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan (UNPAK) kembali menyelenggarakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada (03/08) s/d (30/10) di beberapa kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bogor. Program yang rutin diadakan setahun sekali ini merupakan bagian dari mata kuliah yang berupa pengabdian pada masyarakat dengan program-program kerja yang telah ditentukan. Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebarkan di seluruh wilayah Kecamatan yang menjadi objek program KKN, seperti Cigambong, Leuwiliang, Babakan Madang, Gunung Putri, Ciawi dan Ciomas.
           
2.      Membuat paragraf berisi paparan
Paragraf ini merupakan lanjutan dari paragraf pembuka. Pada paragraf ini paparkan informasi dalam paragraf pertama dengan satu paragraf lanjutan yang berupa kalimat pernyataan. Jangan lupa tuliskan identitas narasumber berita dan atributnya di paragraf ini.

Contoh :
Adapun rangkain acara dalam kegiatan ini adalah memberikan kegiatan bimbingan belajar kepada siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), penyuluhan dan pemberian keterampilan mengenai masakan dan makanan sehat serta menyelenggarakan kegiatan sosial keagamaan. Selain merupakan program rutin, kegiatan ini juga mendapatkan sambutan positif dan apresiasi yang diberikan masyarakat menjadi dorongan semangat tersendiri bagi para peserta. Menurut salah satu peserta KKN Heni Zuheni, seorang ibu yang mengikuti program bimbingan menuturkan bahwa program ini cukup memberikan makna edukasi yang memberikan banyak manfaat.
  
3.      Membuat paragraf berisi kutipan langsung.
Bila di langkah kedua berisi pernyataan-pernyataan narasumber sehubungan dengan berita, maka di paragraf ini tulislah pendapat narasumber tersebut dalam bentuk kutipan langsung. Untuk menandapi sebuah kalimat adalah kutipan langsung, gunakanlah tanda kutip (“) di awal dan di akhir kalimat atau paragraf.

Contoh :
“Dalam kegiatan ini kita ada kegiatan bimbingan belajar buat siswa tingkat Sekolah Dasar, kita juga ngasih keterampilan soal masakan dan makanan sehat sama warga. Kita juga terlibat aktif dalam menyelenggarakan kegiatan sosial keagamaan. Semoga program ini dapat terus memberikan manfaat langsung yang terasa kepada masyarakat sehingga dengan hal tersebut masyarakat dapat berkembang kearah yang lebih baik,” ucapnya kepada studenta Jurnal Bogor.

4.      Membuat Paragraf kesimpulan
Ini merupakan paragraf pamungkas yang berisi kesimpulan keseluruhan berita. Pada paragraf ini buatlah paragraf penutup yang berisi kesimpulan yang boleh disertakan keterangan tambahan.

Contoh :
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unpak ini merupakan salah satu bentuk bakti universitas untuk kemajuan masyarakat. Melihat antusiasme masyarakat dalam berpartisipasi pada kegiatan ini menunjukan bahwa masyarakat memang butuh bimbingan dan arahan guna membangun kehidupan yang lebih baik.

5.      Membuat judul berita
Langkah terakhir dalam menulis berita dengan mudah adalah membuat judul berita. Judul berita biasanya berkaitan langsung dengan isi berita. Buat judul berita yang menarik agar orang tertarik untuk membacanya.

Contoh :
Program Kulian Kerja Nyata Wujud Bakti Pada Negeri


Bagaimana mudahkan? Dengan mempraktikan langkah-langkah ini maka membuat teks berita benar-benar jadi mudah. Langkah-langkah ini tentu sangat berguna bagi para pemula yang ingin belajar bagaimana menulis berita.

Share this

0 Comment to "Menulis Berita dengan Lima Langkah Mudah"

Post a Comment