Friday 25 September 2015

Penulisan Feature : Pengertian Feature

Feature adalah tulisan kreatif yang dirancang untuk memberikan informasi tentang suatu kejadian, situasi, dan aspek kehidupan seseorang sambil menghibur. Feature menekankan unsur kreatifitas yang informatif, menghibur, dan boleh subjektif dalam penuturannya. Hal tersebut berlaku untuk penulisan news Feature, sedangkan pada Feature ilmiah unsur subjektifitas tidak boleh ada agar bobot ilmiahnya tidak merosot.

Menulis Feature tidak akan menarik jika tidak dengan memakai bahasa populer. Istilah populer dapat diartikan merakyat berasal dari kata Latin Populus `rakyat`. Bahasa populer adalah bahasa yang disukai orang kebanyakan karena menarik dan mudah dipahami (komunikatif). Kepopuleran menghendaki intilah yang dikenal secara umum dan berlaku dikalangan masyarakat awam, bukan istilah asing atau sulit yang keren sampai mengagumkan yang tidak dipahami. Namun, penulisan populer tidak berarti ceroboh memakai istilah yang tidak tepat, selain istilah, ungkapan yang kurang sopan seringkali menimbulkan kesan ceroboh.  

Feature adalah tulisan kreatif yang dirancang untuk memberikan informasi tentang suatu kejadian, situasi, dan aspek kehidupan seseorang sambil menghibur. Pada mulanya Feature menekankan unsur kreativitas (dalam penciptaan), yang informatif(isinya), menghibur(gaya penulisannya), dan boleh subjektif(penuturnya). pada perkembangan baru ketiga unsur pertama mutlak harus ada terutama news Feature,sedangkan pada interest Feature unsur subjektivitas fakultatif, tetapi pada Feature ilmiah unsur subjektifitas tidak boleh ada agar bobot ilmiahnya tidak merosot.  

Tulisan Feature sering awet tak lekang oleh waktu diperam berbulan-bulan sebelum akhirnya dimuat pun tidak apa-apa. Namun, bahan ditulis harus layak muat (misalnva karena masyarakat sedang ramai membicarakannya) dan tidak asal dimuat sekalipun tak lekang oleh waktu. Di kalangan pengasuh Intisari, majalah ilmiah populer, hal yang di-Feature-kan harus ada cantelannya. Tidak bisa tiba-tiba memuat sesuatu yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan sesuatu peristiwa baru, aneh, terkenal, luar biasa, atau kontroversi yang sedang “in”. Demikian juga majalah hobi pertanian dan agribisnis Trubus. Tulisan yang mendominasi isinya tak lekang oleh waktu, tetapi bahan yang ditulis harus masih relevan dengan topik yang sedang dibicarakan masyarakat pada waktu edisi majalah itu terbit.  

Share this

1 Response to "Penulisan Feature : Pengertian Feature"

  1. Alhamdulillah, terjawab pertanyaan saya. Terima kasih. Semoga karya tulis anda semakin baik.

    ReplyDelete