Sunday 27 September 2015

Penulisan Feature : Struktur Feature

Struktur tulisan Feature berbeda sekali dari tulisan berita. Jika berita ringan ditulis seperti piramida terbalik yang hanya terdiri dan lead, tubuh, dan penutup saja. Feature disusun seperti kerucut terbalik yang terdiri atas lead, jembatan di antara lead dan tubuh, tubuh tulisan dan penutup. Bagian atas berupa lead dan jembatan yang sama pentingnya, bagian tengah berupa tubuh tulisan yang makin ke bawah makin kurang kepentingannya. Bagian bawah berupa alinea penutup yang bulat, seperti terlihat dalam gambar di bawah struktur Feature pengetahuan.


Lead Feature berisi hal yang paling penting untuk mengarahkan perhatian pembaca pada suatu hal yang akan dijadikan sudah pandang dimulainya penulisan. Jembatan bertugas sebagai perantara antara lead dan tubuh, yang dengan lead masih terkait tetapi ke tubuh tulisan sudah mulai masuk. Ia semata-mata melukiskan identitas dan situasi dan hal yang akan dituturkan nanti. Tubuh Feature berisi situasi dan proses, disertai penjelasan mendalam tentang mengapa dan bagaimananya. Pada human interest Struktur Feature situasi yang dituturkan disertai pendapat atau pandangan yang subjektif dari penulis mengenai situasi yang cliutarakan. Akan tetapi, dalam penulisan Feature ilmiah situasi dan proses yang dituturkan tidak disertai pendapat subjekfif, melainkan tetap dipertahankan keobjektifan pandangannya. Penutup Feature berupa alinea berisi pesan yang mengesankan. Biasanya dikelompokkan Feature menjadi tiga: (1) news Feature, (2) Fetaure pengetahuan, dan (3) human interest Feature.

Share this

3 Responses to "Penulisan Feature : Struktur Feature"

  1. Mas boleh tau gak sumber gambar dari struktur penulisan feature dapat dari mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapat dari buku Diktat karya dosen saya sewaktu saya masih kuliah..

      Delete
  2. makasih boss ini sangat membantu bagi saya. tapi mohon maaf sebelumnya boss bisa minta lampirkan refrensinya boss biar saya ada pegangan dengan materi ini biar lebih mantap lagi

    ReplyDelete